Ternyata Begini Cara Membuka Cadangan WA di Google Drive

Ternyata Begini Cara Membuka Cadangan WA di Google Drive

Bagi pengguna WA (WhatsApp) yang sudah cukup lama, pasti sudah tahu cara mudah untuk mencadangkan WA ke Google Drive. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara membuka cadangan WA di Google Drive?  Untuk mengetahui jawabannya, simak cara melakukannya di artikel berikut ini.

Apa Bisa Membaca Cadangan Langsung dari Google Drive?

Penting untuk dicatat bahwa cadangan WA yang ada di Google Drive merupakan end-to-end encrypted. Ini berarti  pesan yang ada di backup itu terkunci. Maksudnya adalah meskipun sangat mudah untuk mengambil cadangan, tetapi mungkin tidak dapat membacanya di PC atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

End-to-end encrypted ini dimaksudkan untuk menjaga agar pesan tidak dapat diretas. Tetapi ada cara lain membuka cadangan WA di Google Drive, yaitu melalui WA di ponsel yang digunakan. Dan ini  hanya berfungsi untuk mengembalikan obrolan ke akun yang sama.

Membuka Cadangan WA dengan Android

Cara membuka cadangan WA di Google Drive melalui perangkat Android adalah dengan memulihkan cadangan ke ponsel. Step ini berfungsi untuk memanggil kembali chat yang sebelumnya sudah di-backup di Google drive. Biasanya proses pemulihan ini dibutuhkan saat ganti ke ponsel yang baru. Berikut cara melakukannya:

  • Instal WA di ponsel yang digunakan. Jika telah menginstal dan mengatur WA-nya, hapus terlebih dahulu aplikasi, lalu install ulang
  • Masuk kembali ke WA dengan menggunakan detail login yang sama dengan yang digunakan saat membuat cadangan
  • WA akan mendeteksi cadangan dan meminta pemulihan chat dan media
  • Tekan “Restore” lalu tunggu prosesnya selesai

Setelah cadangan dipulihkan ke ponsel, untuk bisa melihat kembali chat cukup membuka WA dan chat yang lama akan muncul di layar.

Baca Juga »  Ingin Mengurangi Ukuran Video? Gunakan 7 Cara Kompres Video di Laptop Tanpa Aplikasi Ini

Membuka Cadangan WA dengan iPhone

Bagi yang baru pindah ponsel dari Android ke iPhone, mungkin berniat membuka cadangan WA di ponsel baru. Untuk bisa membukanya di iPhone, harus terlebih dahulu memindahkan file cadangan dari Google Drive ke Android dan kemudian melanjutkan ke iPhone.

Pemulihan langsung dari Google Drive ke iPhone tidak memungkinkan karena Google Drive tidak kompatibel dengan platform iOS. Backup untuk iPhone biasanya otomatis tersimpan di iCloud. Berikut langkah-langkahnya:

  • Di Ponsel Android, unduh aplikasi WA dan install
  • Masuk dengan kredensial dan masukkan kode untuk proses verifikasi
  • Setelah penginstalan, saat membuka aplikasi akan muncul jendela untuk meminta proses pemulihan. Klik tombol ‘Restore’.

Setelah itu lakukan transfer data dari Android ke iPhone. Untuk melakukan transfer data bisa menggunakan aplikasi bantuan transfer data. Biasanya digunakan di sini adalah aplikasi bernama Dr Fone. Jika belum memiliki aplikasi ini, dapat didownload melalui website-nya. Langkah selanjutnya sebagai berikut:

  • Instal aplikasi Dr Fone di PC/Laptop
  • Sambungkan Android dan iPhone ke PC/Laptop
  • Setelah berhasil tersambung, masuk pada “Menu Transfer WhatsApp” di menu utama
  • Lalu klik “Transfer”
  • Pilih “Transfer pesan WhatsApp”
  • Tunggu hingga prosesnya selesai
  • Lalu klik “OK”

Membuka cadangan WA dari Google Drive lewat iPhone mungkin agak ribet untuk dilakukan. Jika terlalu enggan untuk melakukannya, proses transfer data dapat dilakukan degan bantuan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi pemindahan data dari android ke iPhone yang baru.

Terlepas dari kenyataan bahwa tidak ada cara membuka cadangan WA di Google Drive secara langsung. Namun, masih ada opsi untuk bisa melihat konten cadangan menggunakan salah satu metode yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga »  Aplikasi Saham Online Semakin Memudahkan Untuk Berinvestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *