File Foto Terlalu Besar_ Inilah Cara Merubah Ukuran File Foto Melalui PC!

File Foto Terlalu Besar_ Inilah Cara Merubah Ukuran File Foto Melalui PC!

File foto yang terlalu besar akan lebih cepat memenuhi batas kapasitas suatu memori. Hal ini kerap membingungkan para pengguna. Alih-alih menghapusnya, solusi tepat yaitu dengan mengecilkan file foto tersebut. Cara merubah ukuran file foto bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya bisa dilakukan melalui PC/ laptop.

Terdapat beberapa software dan tools yang bisa digunakan untuk mengecilkan file foto. Masing-masing memiliki langkah yang berbeda-beda. Namun, umumnya memberikan hasil yang memuaskan. Apa saja cara software dan tools yang bisa digunakan?

1. Gunakan Adobe Photoshop

Pernah mendengar Adobe Photoshop? Iya, sebuah aplikasi yang sangat unggul, terutama digunakan dalam bidang edit foto hingga pembuatan desain grafis. Bagi sebagian orang, penggunaannya mungkin bukanlah hal mudah.

Cara merubah ukuran file foto melalui Adobe Photoshop adalah dengan membuka aplikasi terlebih dahulu. Kemudian, arahkan kursor pada menu “File” 🡪 klik bagian “Open” 🡪 pilih foto pada perangkat 🡪 klik lagi pada opsi “File” 🡪 pilih “Export” dilanjutkan save for Web.

2. Gunakan Fileminimizer Picture

Selanjutnya, software lainnya yang bisa dicoba yaitu Fileminimizer Picture. Pertama-tama, pastikan software ini sudah tersedia di PC. Caranya bisa dengan cara mengunduhnya di situs resmi yang berkaitan. Pastikan software terinstal dengan baik.

Untuk menggunakan Fileminimizer Picture, langkah pertama buka software 🡪 pilih “Open Files” 🡪 arahkan pada menu pengaturan kompres  🡪 atur foto sesuai kebutuhan 🡪 pilih “Optimize File”. Tunggulah prosesnya hingga selesai.

3. Gunakan iLove IMG

Lain halnya dengan sebelumnya, cara merubah ukuran file foto bisa dilakukan dengan tools online. Salah satunya tools iLove IMG yang menyediakan berbagai fitur. Hal ini mencakup layanan pengeditan foto, resize dan semacamnya.

Baca Juga »  6 Cara Mengatasi Play Store Error Di Android

Langkah-langkah yang harus dilakukan, pilih foto dengan klik menu “Select Images” 🡪 pilih menu kompres foto. Selanjutnya, prosesnya pun akan berlangsung dan tunggu sampai selesai. Kemudian unduh hasilnya dan secara otomatis tersimpan di PC.

4. Gunakan Ms. Paint

Untuk setiap perangkat Windows, Ms. Paint pastinya sudah tersedia. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memperkecil ukuran suatu foto. Lakukan setiap instruksi yang disajikan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Di antara langkah-langkahnya yaitu buka Ms. Paint 🡪 arahkan kursor pada menu “File” 🡪 klik “Open” 🡪 pilih file yang akan diperkecil 🡪 klik menu “Resize” 🡪 pilih OK. Secara otomatis, prosesnya pun akan berlangsung. Jangan lupa untuk menyimpan file perubahan dengan mengklik “Save”.

5. Gunakan Tinypng.com

Tools lainnya yang bisa dicoba yaitu Tinypng.com. Salah satu tools yang cukup sederhana dan mudah digunakan untuk merubah ukuran foto. Pastikan PC sudah terhubung dengan jaringan internet yang bagus. Hal ini akan mendukung kelancaran prosesnya.

Pertama-tama kunjungi laman Tiny, lalu klik kalimat “drop your png or jpg file here” yang tersedia. Selanjutnya, pilih foto pada perangkat. Lakukan upload untuk bisa memulai prosesnya. Tunggulah beberapa saat dan   unduh hasil foto yang telah dikompres. Jika memang dalam satu kali proses kompres masih besar, maka bisa dilakukan dengan mengkompresnya kembali.

Apapun cara yang dipilih pastikan diatur setepat mungkin. Artinya, file foto yang diatur harus sesuai kebutuhan. Dengan demikian, hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Demikianlah  cara merubah ukuran file foto melalui PC. Pastikan untuk melakukan secara teliti dan atur sebaik mungkin sesuai kebutuhan. Hal ini akan membuat hasilnya pun lebih memuaskan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga »  Cara Membuka Blokir Wifi di Android Dengan Mengganti Mac Address

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *